7 Cara Menulis Artikel Blog yang Baik dan Berkualitas

Galaxymous - Dalam dunia blogging mau tidak mau untuk menjadi seorang blogger mempunyai tugas wajib yaitu menulis, melalui artikel yang di tulis itulah dia menyampaikan semua Ide, pemikiran, pendapat maupun pegalaman nya kepada semua orang yang dapat di jangkaunya agar bisa membaca semua hal yang di tulis oleh nya.


Oleh karna itu sudah sebagai kewajiban untuk seorang blogger memiliki dan menguasai semua teknik tentang menulis artikel yang baik dan berkualitas, karena artikel yang baik dan berkualitas adalah syarat untuk menjadikan suatu blog yang di tumpanginya menjadi berkualitas juga, untuk itu tidaklah mungkin jika suatu  blog menjadi baik jika di dalamnya tidak mengandung unsur kebaikan juga.

Sebagai seorang Blogger baik, pasti kita mempunyai harapan agar bisa selalu menyajikan hidangan yang baik pula untuk blog dan pembaca artikel yang kita sajikan, sehingga membuat pembaca tertarik untuk men share artikel yang kita buat tadi, bagaimana bisa? mungkin karna artikel yang kita buat dapat bermanfaat bagi orang banyak, sehingga kita juga akan mendapatkan pembaca yang begitu banyak pula.

Tapi banagaimana bisa ada sebagian blogger yang begitu berhasil namun ada juga blogger yang sudah susah payah namun belum mendapatkan hasil apa apa, untuk itu mari kita simak artikel saya kali ini, maka sobat semua akan mengetahui jawaban dari pertanyaan tadi.

Artikel yang bagus dan berkualitas itu seperti apa?


Untuk menjawab pertanyaan yang seperti itu saya cukup menjawab dengan singkat :
"Artikel yang bagus dan berkualitas itu adalah artikel yang dapat bermanfaat"

Pada saat pertama kali saya mencoba coba blogger, saya mencari banyak sekali referensi yang bisa saya buat acuan untuk mengelola suatu blog, mulai dari browsing dan surfing di Internet, membaca buku buku yang membahas tentang blogger entah itu dalam bentuk PDF ataupun cetakan, namun hal tersebut tidak menghasilkan suatu yang lebih hanya se cuwil ilmu blogging yang saya dapatkan.

Dari saya membaca banyak referensi tersebut saya mempunyai pemikiran lain tentang jawaban dari pertanyaan di atas kalau jawaban dan penafsiran saya yang pertama banyak mempunyai kesalahan, karena hanya bermanfaat bagi orang lain saja, da jawaban yang baru saya ralat yaitu :
"Artikel yang bagus dan berkualitas adalah artikel yang berfungsi dengan baik, bukan hanya untuk para pembaca saja namun juga untuk penulisnya sendiri harus bermanfaat"

Artikel yang bagus bukan hanya dari tampilannya yang mewah, yang penuh dengan pernik pernik, tapi artikel yang bagus yaitu artikel yang bisa memberikan manfaat, dan Artikel yang mempunyai menfaat sendiri adalah artikel yang bisa membantu anda untuk memenbantu orang lain, sehingga ke dua pihak dapat saling menguntungkan

Kemudian, bagaimana kita menbuat suatu artikel yang berkualitas?

ini beberapa hal yang harus di laksanakan:

1. Tulis artikel yang panjang
Tulislah artikel sepanjang mugkin, mengapa,  karena semakin panjang artikel yang kita tulis maka akan semakin lengkap jug aisi artikel tersebut, sehingga tidak membuat pembaca bingung, tapi jangan sampai berlebihan karena hal tersebut juga akan membuat pembaca bosan.

Usahakan sobat memfilter kata kata yang tidak perlu digunakan, dan hapus kata kata tersebut. buat artikel se relavan mungkin, tapi bisa menyampaikan semua isi yang ingin disampaikan dengan jelas, kalau menurut saya sendiri tidak ada patokan berapa banyak kata yang di butuhkan, tapi mayoritas para master master di luar mengatakan minimal 400 dan tidak lebih dari 700 kata, tapi menurut saya hal itu tidak terlalu ber pengaruh. sepanjang atau sependek apapun artikel jika artikel tersebut mampu memberikan solusi hingga finish, itulah yang  di sebut dengan artikel yang bagus.

2. Mudah Dipahami Oleh Pembaca
Ketika kita menggunakan tata bahasa, ejaan, istilah, ataupun ungkapan yang tidak tepat dan berlebihan itu akan membuat pengunjung blog malas untuk membaca dan akhirnya berhenti di tengah jalan, oleh karna itu kita harus menggunakan kalimat atau tata bahasa yang tepat dan mudah untuk di pahami.

Cara agar pembaca tidak jenuh dan bosan yaitu : Bagilah artikel menjadi beberapa sub judul. Sertakan ganbar di dalam artikel, huruf tebal, besar maupun miring, itu dapat menarik perhatian pembacauntuk membacanya.

3. Perhatikan Tata Bahasa dan Ejaan
Untuk menulis suatu paragraf yang baik sebagai seorang blogger harus belajar menggunakan tata bahasa maupun ejaan dengan baik. Jika menulis ejaan yang tidak spesifik maka kettertarikan pengunjung untuk membaca juga akan berkurang.

Kecuali jika sobat menulis karya tulis ilmiah untuk membantu pelajar mencari tugas, itu adalah hal yang paling tepat untuk menutupi cara yang satu ini, karna pasti didalamnya sudah mengikuti kaidah bahasa yang di tentukan.

Tanda bahasa juga perlu di perhatikan ya, karna tanda baca yang tidak tepat akan membuat pihak pembaca merasa bingung, dan saya juga berusaha untuk menggunakan tanda bahasa yang tepat meskipun masih dalam tahapan belajar.

4. Menentukan Topik
Topik tentu saja salah satu hal yang wajib dan sangatlah penting dalam sebuah artikel, tulislah suatu artikel yang anda sukai sehingga anda tidak merasa terbebani ketika menulisnya, dan sobat pun pastinya akan merasa nyaman.

5. Gaya Bahaya
Dalam menulis artikel kita harus menggunkan gaya bahasa yang mudah di mengerti dengan mudah oleh readers, dalam memahami suatu kalimat setiap orang memiliki pemahaman yang berbeda beda, nah di situlah sobat akan berperan lebih dan harus menyesuaikan sesuai kapasitas orang oran secara umum agar bisa di pahami oleh semua orang.

6. Kutipan
Pastinya setiap blogger pemula pernah merasakan ketika dia sudah menemukan topik dan siap untuk menulis tapi dia masih merasa bingung akan menulis apa, mungkin itu karna sobat tidak menemukan suatu hal yang bisa untuk di kutip.

Mengutip pendapat orang yang lebih mahir dari kitanitu adalah suatu pemikiran yang bagus, namun anda juga tidak boleh menunda suatu pekerjaan tersebut hanya karna tidak ada sumber referensi untuk di kutip, jika sobat menemukan suatu yang baru usahakan sobat langsung meng updatenya dan silahkan memperbaruinya, itu akan lebih baik adri pada soat harus menunda nunda untuk lekas menulis.

7. Jangan Menunggu Perfect Timing
Inilah yang sering dilakukan oleh kebanyak blogger pemula, selalu menunggu waktu yang tepat, karna padahal waktu yang tepat tidak mungkin akan sering datang, kalau kita hanya menunggu waktu yang tepat untuk menulis artikel, lalu kapan kita akan memulai menulis, malah malah kita tidak akan mulai menulis artikel, untuk itu usahakan tulislah artikel pada saat sobat sempat menulis artikel meskipun hanya menyicil sedikit demi sedikit dari pada tidak sama sekali.

Jangan sobat selalu menunda untuk menulis pada saat sebuah tema dan isinya sudah tersedia di fikiran sobat, keburu ilang entar, karna sebuat tema itupun akan sangan bernilai untuk di bagikan agar bisa bermanfaat.

Jadi, harus memulai dari mana kita untuk menulis artikel dengan baik?
Pelajarilah satu per satu dari tips tips dia atas agar bisa faham betul, dan jangan lupa untuk selalu mencari ilmu ilmu yang  lainnya, lakukan riset terus menerus meskipun hal tersebut akan berujung pada kegagalan.

Kesimpulan :
Usahakan Jangan membagikan apa yang telah orang lain bagikan, namun bagikanlah apa yang telah kita lakukan dan yang kita alami agar orang lain bisa menerapkan juga, mulailah sesuatu kapan pun dan dimanapun, jangan menunda untuk melakukan sesuat jika hal itu sudah bisa dilakukan mulai dari sekarang.

Cukup itu tadi yang dapat saya bagikan , apabila ada kekurangan mohon kritikannya di sampaikan di kolom komenar, agar saya akan selalu mengangkat kualitas blog Galaxymous ini, trimakasih dan salam galaxymous

23 Responses to "7 Cara Menulis Artikel Blog yang Baik dan Berkualitas"

  1. Hmhm jadi memang konten yang original ya agan yang paling baik itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya sob, mana ada sesuatu yang copas itu baik

      Delete
  2. mantap gan . jadi lebih semangat nih buat bikin artikel baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip gan, semoga terus semangat dan beruntung ya gan

      Delete
  3. sipp cari perfect time memang yg paling saya nantikan tapi kadang jarang saya temukan... alhasil tulisan saya ala kadarnya dan banyak typo karena gak mood.. btw salam kenal juga.. saya admin Ardi And Word

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip gan, ya itulah kehidupan, kadang mujur dan kadang ancur, salam kenal juga

      Delete
  4. fokus pada artikel aja gan, gak perlu nunggu perfect time

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu yang bener gan, sip dah kalo sudah faham

      Delete
  5. ane setuju sama artikel ini. kalau mau menulis ya fokus menulis jangan menunggu waktu tertentu bisa- bisa idenya hilang hehehe lanjutkan gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, percuma nunggu nunggu nanti malah lupa, jadi rugi juga kan

      Delete
  6. stuju banget saya dengan semua ulasan di blog ini, saya ijin akan terapin tutorial yang sudah agan berikan ya gan. trimakasih tips tips nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo silahkan gan, sama sama gan saling membantu aja

      Delete
  7. sangat bermanfaat bro. salut ama blog ente
    ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

    ReplyDelete
  8. Benar nih, saya sering memahami dan mencari referensi.

    ReplyDelete
  9. oh gini yah , gw klo nulis asal aja terus hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nggak apa apa gan, cma kalo nurut aturan kan lebih baik

      Delete
    2. iya nggak apa apa gan, cma kalo nurut aturan kan lebih baik

      Delete
- Berkomentarlah dengan bijak, sopan, dan sesuai
- Dilarang mencantumkan link aktif maupun tidak aktif
- Semoga yang berkomentar diberi ilmu yang bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel