Tutorial Lengkap Membuat Blog Mulai A Sampai Z


Galaxymous - Dari pengalaman saya, masih banyak yang bertanya bagaimana sih cara membuat blog. bahkan saya sangat sering dimintai bantuan oleh teman teman saya yang di media sosial untuk membuatkan blog mereka, sangat sering saya membuat blog karena request dari teman teman sampai sampai saya merasa letih dan bosan, itu karena sangking seringnya saya mendaftar blog, karena harus daftar akun mulai dari email yahoo dan Google mail "Gmail". sampai sampai saya berfikir bagaimana caranya agar meringankan kerja ini.

Tutorial Lengkap Membuat Blog

Dari situlah saya berfikir untuk menuliskan tutorial lengakap membuat blog, tutorial ini saya bagikan untuk khalayak umum, untuk memudahkan semua teman dan siapa saja yang ingin membuat blog, dan dengan tutorial ini juga memudahkan saya untuk membantu semua teman saya yang meminta tolong kepada saya. Ada banyak Alternatif Blogging yang bisa kita gunakan untuk membuat Blog, tapi untuk tutorial kali ini saya menggunakan Blogger.com atau sering kita dengar dengan sebutan Blogspot . Kenapa harus memilih Blogspot ? padahal kan banyak penyedia blogging yang bisa digunakan.

Ini beberapa alasan mengapa saya memilih Blogspot :

  • Gratis, kita bisa menggunakan layanan blogspot dengan gratis tanpa dipungut biyaya
  • Mempunyai fitur yang terbilang lumayan lengkap
  • Sangat mudah digunakan oleh pemula seperti saya ini
  • Kita bisa mengganti domain sendiri dengan membeli domain atau mencari domain gratisan
  • Produksi dari Google sehingga membuat blogspot semakin terpercaya
  • Bisa kita gunakan untuk mencari uang, baik memasang iklan  dari google maupun membuka usaha Internet Marketing lainnya

Tutorial Lengkap Membuat Blog

Ada beberapa tahapan yang harus di laksanakan sebelum kita memulai membuat blog oleh seorang Blogger. Siapa itu blogger ? yaitu sebutan kepada seseorang pengguna blog.

Tahap Pertama : Persiapan yang matang

Yang paling penting ketika kita akan membuat blog, kita harus menyiapkan semua hal yang kita perlukan dalan ngeblog, hal yang paling utama adalah perangkat atau semua alat yang kita butuhkan, misalkan Komputer / Laptop / Notebook atau apapun lah yang sebelumnya harus terkoneksi dengan jaringan internet.

Setelah semua perangkat telah disiapkan maka kita harus menentukan akan melakukan apa dan tujuan ngeblog itu untuk apa ? apakah sekedar untuk meluangkan waktu untuk meluapkan hobby menulis, Mencari penghasilan sampingan, atau mungkin hanya untuk berbagi Catatan agar bisa berguna dan membantu saudara.

Tahap Kedua : Membuat dan Membangun

Setelah kita memahami maksud dari tahap pertama kita akan melanjutkan ke tahap yang kedua yaitu Membuat dan Membangun sebuah blog, dalam membuat blog kita sudah sangat dimudahkan karena kita tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis, bahkan kita bisa menggunakan sarana ini sebagai sarana pekerjaan untuk merap pundi pundi uang.
Hal hal yang harus teman teman lakukan adalah sebagai berikut

#1. Kita harus pergi dan masuk ke situs https://www.blogger.com/

Tutorial Lengkap Membuat Blog


#2. Kemudian sobat login menggunakan akun Gmail jika punya, namun jika belum punya silahkan sobat registrasi dulu disini

#3. Jika sobat sebelumnya belum mendaftarkan akun Gmail sobat ke "profil Google+" maka sobat harus klik "Buat profil Google+" dulu, tapi kalau sebelumnya sobat sudah mendaftar maka sobat akan langsung menuju langkah berikutnya yaitu klik "Lanjutkan ke Blogger"

#4. Maka akan tampil seperti gambar dibawah, sobat klik "Blog Baru" tapi karena sebelumnya pada akun blogger ini saya sudah pernah membuat blog maka mungkin tampilannya akan sedikit berbeda dengan punya sobat


Tutorial Lengkap Membuat Blog



#5. Isi beberapa kolom dan tampilan sesuai keinginan sobat, Jika semua sudah terisi dan sobat sudah yakin, silahkan sobat klik "Buat Blog!"


Tutorial Lengkap Membuat Blog



#6. Nah, sekarang Blog sobat sudah jadi, untuk melihat lihat blog yang masih muda ini sobat tinggal klik "Lihat Blog" silahkan berkreasi sob

Cukup dari sini dulu untuk tutorial yang saya berikan kali ini, Tutorial ini hanyalah sebagian kecil dari banyaknya tutorial blog lainnya. Untuk belajar tutorial yang lalinnya silahkan pantau dan tunggu tutorial selanjutnya ya sob. Apabila ada sanggahan, saran, request, dan pertanyaan silahkan disampaikan di kolom komentar yang ada di bawah ya sob

22 Responses to "Tutorial Lengkap Membuat Blog Mulai A Sampai Z"

  1. Artikelnya bagus untuk pemula yang mau terjun ke dunia blogging.

    ReplyDelete
  2. Dengan pencerahan ini, blogger pemula akan siap belajar. Apalagi menurut catatan beberapa sumber disebutkan blogger makin bulan atau tahun makin meningkat. Apalagi di Indonesia, akses internet dipermudah dan dipermurah. Mudah-mudahan artikel tersebut bisa membantu yang baru mulai jadi blogger.

    Makasih tutorialnya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, mungkin kedepannya akan sangat banyak orang orang yang berminat di blogger, semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat bagi calon teman teman seperjuanganan kita

      Delete
  3. bagus min buat yang newbie kaya saya

    ReplyDelete
  4. lengkap sekali gan.. buat saya yang ingin terjun ke dunia blog. thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, semangat terus ya semoga lebih baik kedepannya

      Delete
  5. Cara setting bagian dalam blognya mana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu kedepannya ya gan, nanti insyaallah akan saya update lagi tutorial kedalamnya

      Delete
  6. bermanfaat untuk pemula seperti saya

    ReplyDelete
  7. Mantap gan, kebetulan nih saya mau terjun di dunia Blogging dan artikel ini membantu saya agar bisa membuat blog, terima kasih ya gan atas tutorialnya

    ReplyDelete
  8. lengkap banget nih makasih yah :D

    ReplyDelete
  9. Mantap artikelnya, cocok buat pemula yang baru terjun ke dunia blogger seperti saya :3

    ReplyDelete
  10. wahhh bermanfaat banget nih buat blogger-blogger pemula seperti saya inii XD

    ReplyDelete
  11. keren banget nih artikelnya. detil banget penjelasannya. nice gan lanjutkan

    ReplyDelete
- Berkomentarlah dengan bijak, sopan, dan sesuai
- Dilarang mencantumkan link aktif maupun tidak aktif
- Semoga yang berkomentar diberi ilmu yang bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel