Cara Membuat Tombol Chat WhatsApp (Untuk Pemilik Online Shop)

Membuat Tombol Chat WhatsApp

Toko Online atau disebut Online Shop biasanya memiliki format order sendiri untuk mempermudah pencatatan order-an yang masuk via chat. Konsumen diharuskan untuk meng-add pertemanan online shop terlebih dahulu baik via Line Maupun WhatsApp.

Cara ini efektif untuk mempermudah konsumen langsung order via WhatsApp tanpa harus menambahkan kontak admin Online Shop dan juga sudah terotomatis teks format order, sehingga konsumen langsung melengkapi pengisian format order.

Yuk! Simak gimana sih caranya membuat Tombol Chat WhatsApp dan Link Chat WhatsApp untuk sobat yang memiliki Toko Online.

Cara Membuat Tombol Chat WhatsApp (Untuk Pemilik Toko Online)


1. Langkah Pertama, sobat harus membuat link untuk menuju chat WhatsApp secara langsung, dengan menggunkan script URL seperti berikut :


 <span style=”font-family: ‘courier new’, courier, monospace;”>https://api.whatsapp.com/send?phone=6285334567981&text=Nama%20%3A%0AAlamat%20Lengkap%20%3A%0A</span><span style=”font-family: ‘courier new’, courier, monospace;”>Nomer%20HP%20%3A%0AKode%20Order%20%3A%0AJumlah%20%3A</span>

Untuk keterangan Script :
  • Sobat hanya perlu meng-copy URL diatas dan mengubah nomer HP (6285334567981) dengan nomer admin Online Shop sobat
  • Script URL tanda %20 adalah kode untuk spasi.
  • Script URL tanda %3A adalah kode untuk tanda titik dua (:).
  • Script URL tanda %0A adalah kode untuk enter atau baris baru.
2. Langkah Kedua, sisipkan script diatas di dalam script Online Shop sobat dibagian Button atau tombol, seperti contoh gambar berikut ini :
    Membuat Tombol Chat WhatsApp

    • Selanjutnya ketika sobat sudah save file tersebut, maka akan muncul tombol yang ketika di klik tujuannya akan menuju chat via WhatsApp dan dengan teks format yang sudah automatis, seperti contoh gambar berikut :
    Membuat Tombol Chat WhatsApp

    • Maka akan muncul halaman konfrimasi Kirim pesan, seperti gambar dibawah ini :
    Membuat Tombol Chat WhatsApp

    • Setelah sobat klik “KIRIM” maka automatis akan masuk ke aplikasi WhatsApp dan sudah terketik teks format order tanpa harus menambahkan kontak admin terlebih dahulu, seperti contoh ini:
    Membuat Tombol Chat WhatsApp


    3. Langkah Ketiga, meng-custom URL link chat WhatsApp agat mudah di ingat dan mudah di-share ke media sosial.
    • Kamu bisa menggunakan situs gratis seperti https://bitly.com/ kamu hanya perlu mendaftar dan men-custom URL di situs tersebut.
    • Jika sudah mendaftar, kamu bisa copy link yang sudah dibuat dilangkah pertama tadi kamu hanya perlu paste dihalaman situs tersebut, seperti contoh berikut ini :
    Membuat Tombol Chat WhatsApp

    • Jika sudah klik “CREATE”. Selanjutnya kamu bisa custom link terakhir sesuai yang kamu inginkan. Ikuti langkahnya seperti gambar berikut ini :
    Membuat Tombol Chat WhatsApp
    • Jika sudah kamu custom link-nya kamu hanya tinggal klik “SAVE” maka akan mengganti link-nya menjadi lebih singkat dan sesuai yang kamu butuhkan. Kamu juga bisa meng-copy, share dan meng-edit kembali link URL-nya.
      Membuat Tombol Chat WhatsApp

      Bagaimana? Mudah bukan untuk membuat tombol link chat WhatsApp, cara ini sangat berguna untuk kamu yang memiliki toko online atau online shop, karena cara ini juga mempermudah konsumen untuk meng-order via WhatsApp. Selamat mencoba sobat Galaxymous.

      2 Responses to "Cara Membuat Tombol Chat WhatsApp (Untuk Pemilik Online Shop)"

      1. Wah. Baru tau saya gan. Jadi saya tambah ilmu tentang cara membuat tombol WA untuk pemilik toko online. Makasih ya gan atas infonya

        ReplyDelete
      2. Mantap gan infonya. Oiya, scriptnya bisa dipasang di blogger gak gan?

        ReplyDelete
      - Berkomentarlah dengan bijak, sopan, dan sesuai
      - Dilarang mencantumkan link aktif maupun tidak aktif
      - Semoga yang berkomentar diberi ilmu yang bermanfaat

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel